Ramadhan

Standard

Sebelum gw cuap – cuap, gw pengen bilang marhaban ya Ramadhan, semoga di bulan baik ini kita semua dapat hal positif untuk pengembangan diri kita ya sobat. Dan terlebih, karna sebulan kita diajaran untuk mengekang hawa nafsu, meninggalkan kebiasaan yang buruk kita sejenak, tapi semoga kebiasaan kentut dan ngupil gw gak di masalahin selama puasa. Amin..
Buat gw, ramadhan dan tahun baru kudu buat refleksi jek. Dan khusus di bulan baik ini, gwcoba buat refleksi hidup gw selama beberapa bulan belakangan. Terlebih kalau ngomongin yang ngetaif – negatif. Hmm mudah – mudahan Tuhan mengampuni.
Jaadi gini, pernah gak lw mikir atau pas lw lagi jalan dalam keadaan after party, trus pas lagi jalan ke arah motor lw papasan sama pemulung kecil yang jam gw kelar buang duit, dia malah masih melek buat nyari botol minuman bekas buat di jadiin duit? Apa yang kebayang sama lw? Derita dia? Masalah dia? Atau biarin aja, masing – masing udah ada garis hidup sendiri – sendiri? Hmm, kalau lw mikir kayak gitu, mungkin ada yang salah deh sama lw, sama kayak temen – temen gw pas lagi papasan, mereka cuma ngeluyur lewat aja, tapi kaki gw kayak ada yang nahan, mata gw yang dah sayu efek alkohol mendadak segar, otak gw yang dah gak nyambung sama apa – apa, mendadak harus fokus ke pemulung kecil itu, apa yang dipikirkan pemulung kecil itu melihat beberapa dari kami atau orang yang di temui di sepanjang Kemang terlihat hidup bahagia sementara dia tidak. Sekali lagi, gw cuma bisa diam, dan terlebih gw gak berani tuk “ngasihani” dia, terlebih “ngasihani” seseorang pun gak akan membantu.
Satu lagi kebiasaan yang nempel ke gw adalah bersahabat dengan alkohol. Man, gara – gara ne masalah, muncul satu masalah lain, perut gw buncit, astaga! Buncit karna makmur Alhamdulillah ya, nah buncit karna alkohol? Astaghfirullah. Dan perkara ini sempet ngakrabin gw sama satu tempat di daerah Kemang. Disana waitersnya sampe akrab, gimana gak, tiap Jum’at kesana mulu. Dan tiap kesana, 2 tower pasti abis. Dan gara – gara itu, gw tiap Jum’at malem, kudu bawa motor keadaan miring, bahaya beud dah. Dan gara – gara itu, awal bulan berasa akhir bulan..heheh
Sebenernya duit bukan masalah, meski tetep di pikirin,..tapi setiap gw nge-beer, gw selalu aja ngajakin sahabat gw sejak jaman kuliah, Q-mo. Dan pada satu waktu, entah ne bocah lagi ada masalah atau gimana, doi nengggak banyak, dan alhasil doi jackpot. Karna gw gak bisa liat orang jackpot, karna gw pasti bakal jackpot, alhasil yang jagain Q-mo jackpot sepupu gw, Agung. Gw Cuma liat dari kejauhan, dan gw mikir, sahabat macam apa gw, gw malah ngajakin sahabat gw ke tempat ginian, sampe sohib gw jalan pun di papah, nempel ke kloset mulu. Dan puncaknya gw kudu bukain satu kamar di hotel terdekat buat evakuasi sohib gw sama sepupu gw. Gw cuma mikir, itu tanggung jawab gw bukan? Ya, kembali lagi, niatan gw yang mau maboks sampe bego, malah temen gw yang bego duluan,.. siapa yang galau ne ya..
Kembali ke refleksi ramadhan. Hmm, ini ramadhan gw kedua kerja disalah satu media cetak, dan itu berarti nanti THR gw kedua. Yeeeay.. Nah lho, ngapa jadi bahas THR..

Kembali ke topik, hidup ini sederhana bukan? Sesederhana sebuah perilaku kota mengubah perilaku seseorang, gw contohnya. Dan gw cuma mikir, gw gak mau mati di kebiasaan baru gw, berteman sama alkohol. Gw gak mau ngabisin duit gw buat hal kayak gitu lagi, paling gak, gak untuk durasi yang terus – terusan. Bahaya buat gw, bahaya buat kesehatan gw.

Terakhir, entah berapa lama gw ngucapin selamat puasa, sahur, atau lebaran ke orang yang beda – beda. Tau kan lw maksud gw, yee kaaaan.. Nah, entah gw sebut itu deadline atau target, tapi lebih enak kalau gw sebut itu tujuan, atau mimpi. Sederhana, taun depan gw punya temen bukber, atau temen ngabuburit yang lebih dari sekedar temen. Dan karna temen gw dah pada banyak yang dah nikah, nyusul seru kali ya.. Hmm, bakal banyak yang di kejar neh.. Tapi itulah refleksi gw, di samping ada kekurangan gw selama 1 tahun sebelum ramadhan, gw selalu punya mimpi setelah ramadhan. Dan bila ramadhan memang bulan yang paling suci, kenapa tidak kita luncurkan saja setiap mimpi kita ini? Agar Tuhan mendengar setiap mimpi. Dan saat Ramadhan berakhir, kita punya satu tahun untuk mengejar, dan kembali menuliskan refleksi ramadhan 2015, sambil berkata, Alhamdulillah..

Leave a comment